DPRD

DPRD
Sketsa Bengawan
Selasa, 27 September 2022, 16:06 WIB
Last Updated 2022-09-27T09:12:18Z
Hukum | PeristiwaJombangPojok PituViewerViral

Buruh di Jombang Gelar Demo, Tuntut Kenaikan Gaji Tahun 2023


JOMBANG - Puluhan buruh yang mengatasnamakan Serikat Buruh Plywod dan Gerakan Serikat Butuh Indonesia Kabupaten Jombang, menggelar unjuk rasa di depan Kantor Pemkab setempat, pada Selasa (27/09/2022).

Mereka menuntut kenaikan gaji umk buruh di tahun 2023 sesuai kenaikan inflasi. Aksi buruh ini mendapatkan pengawalan ketat dari petugas kepolisian.

Pantauan JTV di lokasi, saat massa buruh tiba di depan gedung Kantor Bupati Jombang dihadang puluhan petugas kepolisian. Dibawah terik sinar matahari masa aksi menuntut agar Bupati menaikan gaji mereka pasca kenaikan harga BBM yang dilakukan Pemerintah Pusat.

Korlap Aksi, Heru Sandi mengatakan, kenaikan BBM jelas membuat kesejahteraan buruh terpuruk. Pasalnya, para buruh setiap hari mengeluarkan ongkos BBM yang jumlahnya cukup tinggi.

“Belum lagi kenaikan harga kebutuhan pokok yang ikut terkerek naik,” tegas Korlap Aksi.

Setelah dua tahun tidak mengalami kenaikan UMK, para buruh menuntut di tahun 2023 ini Pemerintah menaikan UMK buruh di Jombang menjadi 3.341.400 rupiah.

Setelah hampir satu jam menggelar orasi,perwakilan massa aksi akhirnya dipertemukan dengan pejabat pemda. Para buruh mengancam akan menggelar aksi lebih besar jika tuntutan kenaikan upah tidak direspon Bupati tahun 2023 mendatang. (ful/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News