Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 16 Juni 2023, 15:50 WIB
Last Updated 2023-06-17T08:19:45Z
NgawiPemiluPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

400 Bacaleg DPRD Kabupaten Ngawi Terancam Dicoret


NGAWI - Hasil sementara pelaksaan verifikasi administrasi (vermin) terhadap berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten oleh KPU Ngawi telah mencapai 90 persen. Dari jumlah keseluruhan bacaleg yang mendaftar melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (silon) terdapat 555 bacaleg, 400 bacaleg terancam dicoret karena belum memenuhi syarat (BMS).

Komisioner KPU Ngawi, Aman Ridho Hidayat menjelaskan, pelaksanaan vermin masih berlangsung hingga 23 juni 2023 mendatang. Hingga kini, telah mencapai 90 persen untuk pelaksanaan vermin tersebut.

Diakuinya, cukup banyak bacaleg yang dinyatakan BMS, sehingga nanti akan ada penyerahan hasil vermin pada masing-masing parpol untuk dilakukan perbaikan.

“Kebanyakan bacaleg yang dinyatakan BMS itu karena adanya kekurangan berkas persyaratan pendaftaran, mulai dari ijazah, surat kesehatan, termasuk kesalahan input data atau saat menggunggah dalam aplikasi silon,” ungkapnya kepada JTV, Jumat (16/06/2023).

Dalam pelaksaan vermin ini, KPU juga melakukan klarifikasi terhadap berkas pendaftaran yang diunggah ke silon jika ada keraguan. Seperti ijazah yang dilakukan klarifikasi dengan mendatangi lembaga untuk memastikan kebenarnya. (ito/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News