Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 14 Juni 2023, 17:04 WIB
Last Updated 2023-06-15T07:23:01Z
Pojok PituViewerViral

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Ngawi Cek Kesehatan Hewan Kurban


NGAWI - Menjelang hari raya idul adha, kebutuhan hewan untuk kurban semakin meningkat. Guna menjamin kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing yang diperjual belikan, maka dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi hewan kurban.

Salah satunya seperti yang terpantau di Pasar Hewan Desa Kandangan, Kecamatan, Kabupaten Ngawi, rabu (14/06/2023). Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi, Supardi menjelaskan, pemeriksaan ini guna memastikan hewan kurban terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK) serta lumpy skin disease (LSD). “Pemeriksaan dimulai dari suhu tubuh, mata, telinga, lendir hingga mulut,” jelasnya.

Disamping itu, karena kebanyakan hewan kurban yang di jual juga berasal dari luar daerah maka diwajibkan harus disertai surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). “Termasuk jika ada pedagang ternak dari wilayah ngawi yang akan menjual ke luar daerah juga disarankan mengajukan permohonan skkh pada dinas perikanan dan peternakan,” lanjut Supardi.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban nantinya akan lebih diintensifkan termasuk di penampungan atau kandang ternak warga yang hendak di jual ke luar daerah. Termasuk pemantauan saat prises penyembelihan hewan kurban. (ito/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News