Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 12 Juni 2023, 15:56 WIB
Last Updated 2023-06-13T06:36:37Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Bojonegoro Ajak Warga Bersih-Bersih Sampah


KABAR APIK - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya bersih-bersih sampah di Sumber Mata Air Growgolan yang ada di Desa Ngunjut, Kecamatan Dander, Minggu (11/06/2023) pagi.

Sebelum memulai kegiatan, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan warga setempat melakukan tanam pohon disekitar tempat wisata.  Pohon yang ditanam, diharapkan nantinya bisa memperindah dan memperindang kawasan tempat wisata setempat.

Selain itu, tanam pohon ini juga diharapkan bisa menyeimbangkan ekositem yang ada serta sebagai tempat berteduh bagi wisatawan yang datang berkunjung.Bersih-bersih sampah ini dilakukan bersama masyarakat setempat, petugas DLH, bersama Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro Dandi Suprayitno.

Pantauan di lokasi, bersih-bersih di sumber mata air growgoland dilakukan dengan cara menyusuri aliran sumber mata air. Kemudian mengambil sampah plastik yang ada lalu di kumpulkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan, pihaknya bersama Bupati Bojonegoro serta kelompok masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan BUMD, sejak pagi membersihkan sampah plastik di tempat wisata Growgoland.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan mengusung tema plastik polusion. Yang mana sampah plastik merupakan kategori sampah sulit untuk di urai oleh alam. Maka dari itu, perlu dilakukan upaya khusus untuk membersihkan sampah plastik,” terangnya kepada JTV.

Dandi menambahkan, Dinas Lingkugan Hidup Bojonegoro akan menjadi garda terdepan untuk mempelopori dan mengkampanyekan, menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. “Selain melaksanakan bersih sampah di sumber mata air growgoland, nantinya akan di agendakan bersih bersih sampah di sumber mata air yang ada di Bojonegoro,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam kesempatan ini menyampaikan, kegiatan merawat sumber mata air, tidak hanya akan dilakukan di sumber mata ini saja, melainkan nantinya di beberapa titik sumber mata air yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Sehingga apa yang menjadi sumber mata air tetap lestari dan tidak di rusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kerja bakti di beberapa sumber mata air ini nantinya akan fokus pada sampah plastik. Maka perlu dilakukan perhatian kgusus untuk membersihkan sampah bersama-sama. Selama ini banyak masyarakat belum membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatanya, serta memilah antara sampah organik dan sampah plastik,” terang Bupati Anna.

Lanjutnya, sejauh ini pihak Pemkab Bojonegoro sudah sering mengkampanyekan untuk mengajak membuang sampah plastik dan organik pada tempatnya. Maka dari itu Bupati Anna juga mengajak agar masyarakat membudayakan diri untuk bisa membuang sampah pada tempatnya, baik sampah plastik dan sampah organik.

“Dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempanya, nantinya masyarakat bisa menjadi agen perubahan dalam merawat dan peduli lingkungan sekitar,” pungkasnya. (*/edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News