Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 21 Juni 2023, 16:10 WIB
Last Updated 2023-06-22T06:39:37Z
JombangPojok PituViewerViral

Tangis Histeris Warnai Pemberangkatan Ribuan Calon Haji di Jombang


JOMBANG - Sejumlah pengantar calon jamaah haji di Kabupaten Jombang menangis histeris saat acara pelepasan jamaah haji di Pendopo setempat, selasa (20/06/2023) siang. Salah satunya seorang perempuan yang menangis histeris di tengah kerumunan warga, saat sedang mengantarkan keberangkatan calon jamaah haji.

Pantauan JTV di lokasi, sejumlah kerabatnya berusaha menenangkan perempuan ini agar mengendalikan tangisan histerisnya. Tangis tersebut reda, beberapa saat setelah ditenangkan oleh para kerabatnya.

Secara bergelombang, ribuan jamaah haji tiba di lokasi berkumpul di gerbang Pendopo. Sejumlah petugas langsung menyambut dan mengantarkan para jamaah bersama kopernya.

Sebelum masuk, mereka berpamitan dengan keluarganya. Usai seluruh calon jamaah haji sudah bersiap di atas bus, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab bersama forum pimpinan daerah secara simbolis memberangkatkan para jamaah haji ini.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jombang, Muhajir mengatakan, tahun ini calon jamaah tiba di tanah suci langsung menunaikan ibadah wajib karena sudah mendekati pelaksanaan wukuf di arafah. Untuk itu seluruh jamaah diminta untuk menjaga kesehatan dan mengurangi bergadang.

“Saya imbau jamaah menjaga kesehatan, apalagi ini yang berangkat banyaknya kelompok lansia,” ungkap Muhajir.

Sementara itu, Heru Widodo salah satu calon jamaah haji mengaku sudah menyiapkan segala kebutuhan selama menunaikan ibadah haji. Selain manasik juga mereka juga menyiapkan kesehatan fisiknya.

“Alhadulillah sudah siap semua mas. Baik dari kebutuhan untuk ibadah haji sampai kesehatan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, calon jamaah haji asal Jombang yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 1.384 orang. Mereka  terbagi dalam tiga kloter Embarkasi Juanda, Surabaya.

Yakni kloter 77 sebanyak 395, kloter 78 sebanyak 445 orang dan kloter  544 jamaah. Calon jamaah haji ini direncanakan akan berangkat hari ini dan besok. (ful/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News