Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 31 Juli 2023, 16:59 WIB
Last Updated 2023-07-31T09:59:11Z
TubanViewerViral

Lahan Kosong di Tuban Terbakar Hebat, Asap dan Debu Masuk Rumah Warga


TUBAN - Kebakaran hebat melanda lahan kosong di Desa Glodog, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Minggu (30/07/2023) siang. Kepulan asap tebal bercampur abu membubung tinggi hingga masuk ke rumah warga di sekitar lokasi.

Untuk mengantisipasi meluasnya api, dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kebakaran. Api berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit, setelah petugas pemadam kebakaran bersama polsek, koramil dan warga setempat secara gotong-royong berusaha memadamkan api.

Kapolsek Palang, AKP Carito mengatakan, kebakaran 5 hektar lahan kosong ini diduga akibat puntung rokok atau warga yang sengaja membakar. Namun, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran ini.

“Kemungkinan sengaja dibakar atau buang puntung rokok sembarangan. Apalagi saat ini, kondisi cuaca juga sangat panas, sehingga dimungkinkan bisa menjadi salah satu penyebabnya,” jelasnya kepada JTV, Senin (31/07/2023).

Lanjut Kapolsek Palang, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kebakaran ini. Namun, warga setempat sempat panik, lantaran kobaran api sangat besar serta asap yang ditimbulkan beserta debunya masuk ke rumah warga.

“Warga sempat panik karena apinya besar. Asap dan debu dari rumput yang terbakar terbawa angin ke rumah warga di sekitar lokasi,” imbuh AKP Carito.

Atas kejadian ini, masyarakat dihimbau agar tidak sembarangan membuang puntung rokok atau meninggalkan api dalam kondisi masih menyala. Pasalnya, cuaca terik seperti sekarang ini, membuat lahan kering dengan mudah terbakar. (dzi/rok)