Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 28 Oktober 2023, 17:03 WIB
Last Updated 2023-10-28T10:03:09Z
Kabar Apik

Meriah, Pawai Budaya di Bojonegoro Dihadiri Puluhan Ribu Warga


BOJONEGORO - Pawai budaya tahun 2023 dalam rangkaian Hari Jadi Bojonegoro ke 346 berlangsung meriah di Alun-alun Kota Bojonegoro, Sabtu (28/10/2023) pagi.

Hadir pada kegiatan tersebut Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Forkopimda dan jajajaran Kepala OPD. Selain itu, puluhan ribu warga dari berbagai penjuru di Bojonegoro juga hadir untuk melihat kemeriahan acara ini.

Pawai dengan tema Pesona Budaya Bojonegoro ini, diikuti 50 kelompok peserta. Terdiri dari tingkat SD/MI 24 kelompok, SMP/MTS 9 kelompok, SMA/SMK 10 kelompok dan umum maupun perguruan tinggi sebanyak 7 kelompok.

Sejumlah peserta pawai membawakan penampilan beranekaragam, mulai dari tari thengul, balok kayu jati, batik Bojonegoro, pertanian, hingga sejarah ki andong sari.

Pelaksanaan pawai budaya Bojonegoro tahun 2023 ini, bertujuan untuk melestarikan dan aktualisasi budaya daerah, mengenalkan tradisi dan budaya lokal Bojonegoro kepada generasi muda maupun masyarakat dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis event budaya.

Maulida Sofia salah satu warga mengaku sangat senang sekali adanya pawai budaya kali ini, menurutnya acaranya berlangsung sangat meriah bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro.

“Disini nonton karnaval sama keluarga dari jam 9 tadi. Sebagai warga Bojonegoro sangat senang sekali dengan acara seperti ini karena memeriahkan juga di hari jadi Bojonegoro,” jelasnya kepada JTV.

Sementara itu, nika pengunjung lainnya mengaku senang bisa melihat pawai budaya dan berharap kegiatan terus bisa dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

“Kegiatan ini kalau bisa di bojonegoro selalu rutin digelar mas,” timpalnya. (*/edo)