Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 14 Juni 2024, 15:30 WIB
Last Updated 2024-06-15T08:36:25Z
TubanViewerViral

Jelang Idul Adha, Ratusan Takmir Masjid di Tuban Dilatih Menyembelih Hewan Kurban


TUBAN - Jelang Idul Adha, ratusan takmir masjid di Kabupaten Tuban, mendapat pelatihan menyembelih hewan kurban. Pelatihan juru sembelih halal (Juleha) tersebut digelar di Rumah Potong Hewan Ruminansia, Kabupaten setempat.

Pelatihan gratis yang digelar Dinas Peternakan Kabupaten Tuban ini diikuti sebanyak empat ratus orang panitia idul adha, perwakilan dari lima puluh masjid di Kabupaten setempat.

Pantauan JTV di lokasi, Setelah mendapat pemaparan teori teknik penyembelihan secara syar'i, para peserta diajak praktik langsung terhadap hewan hidup, sapi dan kambing. Diawali dengan cara memegang pisau, lalu teknik merebahkan hewan tanpa menyakiti, menentukan urat leher yang harus dipotong, serta menyembelih secara cepat dan tepat.

Tak berhenti sampai situ, para peserta juga dilatih menangani hewan usai disembelih. Diantaranya teknik menguliti, memisahkan jeroan dan cara mencucinya sampai bersih. Terakhir ditutup dengan teknik pemotongan, pengolahan serta penyimpanan daging kurban agar tahan lama.

“Pelatihan juru sembelih halal ini digelar sebagai persiapan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. Harapannya, masjid-masjid memiliki juru sembelih terlatih sehingga pelaksanaan Idul Adha dapat menghasilkan daging halal dan berkualitas,” jelas Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kab. Tuban, Pipin Diah Larasati kepada JTV, Jumat (14/06/2024).

Pelatihan disambut antusias para peserta. Banyak ilmu yang mereka peroleh, sebab mayoritas kemampuan menyembelih hewan dipelajari secara otodidak.

“Selain sangat bermanfaat secara pribadi, ilmu yang saya dapat bisa diaplikasikan untuk membantu masyarakat saat pelaksanaan idul adha nanti. Karena selama ini saya hanya belajar otodidak,” ungkap Irhamna, salah satu peserta.

Melihat antusias peserta, pelatihan juleha serupa rencananya akan menjadi agenda tahunan. Selain persiapan Idul Adha, program pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan para juru sembelih halal. (dzi/rok)