Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 27 Juni 2024, 16:20 WIB
Last Updated 2024-06-27T09:20:11Z
TubanViewerViralWisata | Kuliner

Lezatnya Iga Goreng Sambal Terasi & Segarnya Es Bunga Telang Khas Tuban


TUBAN - Bagi anda pecinta kuliner pedesaan, belum lengkap rasanya jika belum datang ke warung makan Balai Rasa yang ada di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Disini tersedia berbagai macam kuliner tradisional khas pedesaan. Salah satunya adalah iga goreng sambal joglo.

Menu kuliner yang diberi nama gareng rakit asmoro ini dibuat dengan bahan utama iga sapi yang sudah diberi bumbu khusus. Selanjutnya, iga sapi digoreng setengah matang dan disajikan dengan sambal joglo. Sebuah sambal yang diracik secara khusus dengan tambahan terasi ikan.

Gurihnya dan empuknya iga sapi goreng dipadu dengan sambal terasi ciri khas balai rasa, menciptakan kenikmatan rasa tersendiri bagi para pecinta kuliner.

Menurut para pelanggan, menu gareng rakit asmoro ini sangat cocok jika disantap dengan menu minuman kencono wungu. Sebuah minuman yang dibuat dari ekstrak jeruk peras dipadu dengan seduhan air bunga telang.

“Saya sering kesini, khususnya kalau pas makan siang. Yang paling suka itu menu gareng rakit asmoro dan es kencono wungu. Rasanya khas banget soalnya,” jelas Nabila, salah satu pelanggan kepada JTV, Kamis (27/06/2024).

Menu iga sapi goreng gareng rakit asmoro dan minuman kencono wungu, menjadi menu yang sedang ngehit saat makan siang di warung setempat. Tak hanya warga lokal Tuban, sejumlah pecinta kuliner dari luar daerah seperti Lamongan, Bojonegoro, Gresik, hingga Surabaya juga sudah datang mencicipinya.

“Gareng itu iga goreng yang disajikan dengan sambel joglo, ciri khas sini. Kalau minumanya kencono wungu itu perpaduan jeruk dan teh bunga telang. Manfaatnya menyegarkan dan kaya vitamin C yang bisa menjadi antioksidan,” ungkap Andik, pemilik warung.

Selain rasanya yang enak, menu iga goreng sambal terasi terbilang cukup murah yaitu Rp33.000 setiap satu porsinya, belum termasuk nasi. Sementara untuk minuman kencono wungu hanya dipatok Rp12.000 saja. (dzi/rok)