Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 12 Juli 2024, 14:52 WIB
Last Updated 2024-07-12T07:52:31Z
NgawiPojok PituViewerViral

Bawaslu Ngawi Temukan Banyak Catatan Dalam Pelaksanaan Coklit


NGAWI - Hasil pengawasan melekat yang dilakukan Bawaslu Ngawi dalam dua tahapan proses pencocokan dan penelitian (coklit) ditemukan banyak catatan yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Ketua Bawaslu Ngawi Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko menjelaskan, temuan sendiri meliputi, kekurangan prosedural pada stiker coklit, pemilih yang meninggal dunia seharusnya tidak memenuhi syarat namun masih tercatat, purna TNI/Polri yang belum masuk terdaftar sebagai pemilih, serta pemilih disabilitas.

“Temuan tersebut berada di wilayah Kecamatan Ngawi, Paron dan Karangjati,” ungkapnya kepada JTV, Jumat (12/07/2024).

Lanjutnya, dengan adanya temuan itu Bawaslu Ngawi telah memberikan saran dan perbaikan secara lisan pada petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih). Namun, ketika belum ditindaklanjuti atas temuan itu maka panwascam akan memberikan surat tertulis melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Upaya pengawasan melekat dalam setiap tahapan pemilihan kepala daerah terus kami dilakukan. Karena ini dapat menjadi salah satu faktor untuk menekan terhadap indeks kerawanan pemilu,” pungkasnya. (ito/rok)