Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 12 Juli 2024, 14:50 WIB
Last Updated 2024-07-12T07:50:10Z
TubanViewerViral

Berburu Barang Kuno dan Antik di Gudang Lawas Tuban


TUBAN - Bagi anda kolektor dan peminat barang vintage klasik, Gudang Lawas Tuban bisa menjadi rekomendasi anda dalam berburu barang antik. Terletak di Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, tempat ini menyediakan berbagai jenis barang antik yang diperoleh dari warga sekitar.
 
Gudang Lawas milik Suhadi, 50 tahun ini menjual barang-barang antik kuno mulai dari ranjang, mesin ketik jadul, telephone, lesung, ukiran kayu sebagai hiasan dinding, buyung, lampu, lukisan, perabotan rumah tangga, mesin cetak foto jadul, patung, radio jadul, hingga benda-benda antik lainnya.

Tak hanya warga lokal dari berbagai wilayah di Jawa Timur, Gudang Lawas ini juga sering dikunjungi turis asing untuk berburu barang-barang kuno dan antik yang digunakan masyarakat pada tempo dulu.
 
Menurut para pembeli, barang-barang yang dijual di tempat ini sangat lengkap, berkualitas, serta harganya cukup terjangkau. Barang antik yang dibeli, biasanya digunakan untuk hiasan rumah maupun tempat usaha yang berkonsep tempo dulu atau klasik.

“Saya baru pertama kesini, ternyata barangnya lengkap dan berkualitas. Saya beli banyak tadi, untuk tempat usaha saya, karena memang konsepnya tempo dulu,” ungkap Andik, salah satu pembeli kepada JTV, Jumat (12/07/2024).

Sementara itu, pemilik usaha koleksi barang antik ini mengaku sudah menekuni usaha ini sejak empat tahun silam. Barang yang dikoleksi kebanyakan berbahan kayu jati berkualitas.
 
Harga yang dipatok mulai 100 ribu rupiah hingga termahal 7 juta rupiah. Sementara barang yang paling laris adalah alat pembajak sawah tradisional, lumpang dan alat penerangan kuno.

“Usaha ini sudah saya jalankan empat tahunan. Sekarang sudah punya lumayan pelanggan. Bahkan pembeli dari luar negeri juga ada. Kemarin juga ada turis datang kesini nyari barang antik,” jelas Suhadi.

Tak hanya melayani penjualan secara offline, pembelian juga dilakukan secara online melalui marketplace dan aplikasi jual beli. Bagaimana, tertarik berburu barang antik disini?. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Tuban. (dzi/rok)