Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 30 Juli 2024, 16:05 WIB
Last Updated 2024-07-30T09:05:06Z
NgawiPojok PituViewerViral

Dinas Kesehatan Ngawi Catat Sebanyak 1.104 Kasus HIV,AIDS


NGAWI - Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi mencatat semenjak pertama kali ditemukan kasus HIV/AIDS hingga saat ini, terdapat 1.104 penderita. Dari jumlah itu pihaknya masih belum merinci terhadap jumlah penderita yang meninggal dunia.

Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS dan IMS Dinkes Ngawi, Ahmad Heri Sunarto menjelaskan, pada tahun 2024 ini sampai dengan bulan Juli sudah ditemukan 48 kasus baru, yang tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan kabupaten setempat.

“Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, terjadi trend peningkatan kasus HIV/AIDS, yakni 100 kasus baru di Kabupaten Ngawi,” jelasnya kepada JTV, Selasa (30/07/2024).

Diakuinya jika dominasi kasus terjadi pada status ibu rumah tangga. Meski begitu juga temuan penderita masih di usia anak-anak hingga remaja. Diduga penyebab masih tingginya kasus HIV/AIDS di Ngawi karena masih adanya perilaku seks bebas di lingkungan masyarakat.

“Kami terus lakukan upaya pendampingan melalui kader yang ada di 24 puskesmas dan LSM Mahameru yang konsen di bidang penanggulangan HIV/AIDS. Mereka bertugas melakukan pendampingan mulai jadwal minum obat, pendampingan kasus lost follow up, dan pendampingan psikososial,” pungkas Heri Sunarto. (ito/rok)