Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 30 Juli 2024, 16:03 WIB
Last Updated 2024-07-30T09:03:55Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Dinas Lingkungan Hidup Ajak Gen Z Bojonegoro Peduli Lingkungan


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat menggelar talkshow dengan tema “Jangan Fomo, Tips Kekinian Ala Generasi Z Buat Jaga Lingkungan”. Kegiatan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup ini digelar di Alun-alun Bojonegoro, Selasa (30/07/2024).

Dengan menggandeng generasi Z, yakni sejumlah perwakilan siswa sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Bojonegoro, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para generasi z untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Talkshow ini juga mengundang sejumlah aktivis lingkungan, baik nasional maupun internasional. Salah satunya aeshnina Azzahra Aqilani, pelajar sekaligus aktivis lingkungan hidup yang pernah menyurati Presiden Donald Trump hingga Presiden Jokowi, agar peduli terhadap lingkungan.

Pantauan JTV di lokasi, dalam acara ini peserta diberikan pemahaman serta pembekalan materi, salah satunya masalah besar dalam memerangi sampah plastik yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Tak hanya itu, mereka juga diberikan edukasi, bagaimana merubah pola hidup mengurangi penggunaan sampah plastik dan merubah kebiasaan sehari hari terutama membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan, kegiatan ini digelar agar generasi Z dapat terinspirasi oleh aktivis lingkungan hidup yang masih sangat belia, namun sangat peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menambah wawasan para peserta tentang permasalahan mikro plastik.

“Sehingga mereka selanjutnya bisa menyampaikannya kepada teman, kerabat dan keluarga untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, aktivis lingkungan hidup, Aeshnina Azzahra Aqilani mengajak masyarakat untuk merubah kebiasaan mereka menggunakan plastik. Yakni dengan membawa botol minuman sendiri, berbelanja menggunakan tote bag, dan membeli makanan dengan membawa rantang sendiri.

“Kebiasaan itu harus kita mulai dari sekarang, agar kita bersama-sama bisa turut menjaga lingkungan dari bahaya limbah plastik,” tegasnya. (edo/rok)