Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 22 Juli 2024, 16:07 WIB
Last Updated 2024-07-22T09:07:39Z
BojonegoroEdukasi | BudayaPolitik | PemerintahanViewerViral

Kemeriahan Bojonegoro Thengul International Folklore Festival di Alun-Alun Bojonegoro


BOJONEGORO - Hari kedua gelaran acara Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (B-TIFF) di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Desa Kauman, Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (21/07/2024) malam, berlangsung meriah.

Pantauan JTV di lokasi, ribuan masyarakat hadir memadati kawasan Alun alun Bojonegoro untuk menyaksikan folklore performance dari 8 negara. Yakni Bulgaria, Jepang, Korea Selatan, Polandia, Rusia, Filipina, Amerika Serikat, hingga India.

Tak hanya kesenian luar negeri, performance kolaborasi kesenian rakyat lokal Indonesia, sandur, juga ikut mengawali dimulainya acara. Sambil diiringi musik gamelan, satu-persatu seniman lokal asal Bojonegoro ini mulai menarikan kesenian sandur.

Penampilan selanjutnya dimainkan oleh masing-masing seniman mancanegara. Mulai dari penampilan tari asal seniman korea selatan, disusul penampilan tari asal Rusia, Polandia, dan beberapa negara lainya, berhasil memukau masyarakat yang hadir.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto menyampaikan, selain pameran kesenian Bojonegoro, Thengul International Folklore Festival juga menampilkan pameran UMKM lokal Bojonegoro.

“Hari ini kami perkirakan ada sekitar lebih dari 2 ribu warga Bojonegoro datang untuk ikut memeriahkan B-TIFF tahun 2024 ini,” tegasnya.

Selain meningkatkan sektor perekonomian masyarakat, dengan adanya kegiatan ini pemerintah berharap agar potensi kesenian lokal bojonegoro lebih banyak dikenal oleh masyarakat mancanegara. (tim)