Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 01 Juli 2024, 16:20 WIB
Last Updated 2024-07-01T09:20:50Z
TubanViewerViral

Mangsa Binatang Ternak dan Ancam Anak Kecil, 151 Ular Dievakuasi Damkar Tuban


TUBAN - Sebuah ular jenis piton sepanjang 4 meter masuk ke pekarangan rumah dan bersembunyi di dekat kolam ikan, milik Abu Naim, Warga Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Minggu (30/06/2024) sore. Saat hendak dievaluasi hewan melata ini berusaha melawan dan melilit tangan petugas.

Namun setelah beberapa menit beradu tenaga, petugas berhasil menjinakkan ular tersebut. Karena dapat membahayakan anak-anak akhirnya petugas pemadam kebakaran mengevakuasi ular besar tersebut dengan memasukkannya ke dalam karung, untuk kemudian dibawa ke Kantor Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban.

Menurut Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Kantor Satpol PP dan Damkar Tuban, Sutaji, kemunculan ular besar di pemukiman warga seperti ini cukup meresahkan warga. Tak hanya terlihat lewat, ular juga kerap menyatroni kandang ternak dan rumah-rumah warga.

Bahkan sejumlah hewan ternak dilaporkan hilang. Seperti ayam dan unggas. Terhitung sejak awal bulan Januari 2024 hingga kini, sudah ada sedikitnya 151 ular jenis piton dan cobra berhasil ditangkap petugas Damkar Tuban.

“Totalnya itu ada 151 ular yang kami tangkap. Seluruhnya dari laporan warga yang resah. Sebagian ular juga makan ternak warga dan yang lainnya mengancam keselamatan, khususnya anak-anak,” jelasnya kepada JTV, Senin (01/07/2024).

Untuk sementara, puluhan ular yang tertangkap di karantina dalam sangkar besar di Kantor Damkar Kabupaten Tuban. Ular rencananya akan dilepaskan kembali secara bertahap ke habitatnya di kawasan hutan. (dzi/rok)