Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 21 Juli 2024, 12:56 WIB
Last Updated 2024-07-21T05:56:04Z
Edukasi | BudayaTubanViewerViral

Nutri Expo, Sarana Prodi Gizi IIKNU Tuban Cetak Lulusan Kompeten di Bidang Kesehatan dan Kewirausahaan

Mahasiswa dan Dosen Prodi Gizi IIKNU Tuban saat Nutri Expo di car free day (CFD) kawasan GOR setempat Minggu, (21/07/2024). 

TUBAN - Program Studi Sarjana Gizi Fakultas Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) Tuban menggelar Nutri Expo di car free day (CFD) kawasan GOR setempat, Minggu (21/07/2024). Dalam kegiatan ini, para mahasiswa didampingi dosen memperkenalkan makanan bergizi khas Tuban produksi mereka sendiri, serta melakukan cek kesehatan gratis kepada warga.
 
Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis dalam merancang dan mengelola acara, tetapi juga berkontribusi secara aktif dalam memberikan edukasi gizi kepada masyarakat. Keberadaan mereka di stan CFD juga memberikan dimensi personal dan ramah, menciptakan lingkungan yang interaktif dan edukatif.
 
“Pada mata kuliah Entrepreneurship dan Gizi Matra Kelautan ini, kita mengolah hasil pangan laut dan pangan lokal Tuban menjadi makanan maupun camilan yang bergizi. Sesuai visi misi, kami ingin mencetak lulusan yang berkompeten dalam bidang gizi dan kewirausahaan,” jelas Kaprodi dan Dosen Gizi IIKNU Tuban, Lilia Faridatul Fauziah di lokasi Nutri Expo.
 
Lanjut Lilia, mahasiswa yang Ia bimbing butuh waktu 2 bulan untuk membuat proposal sampai produk mereka jadi. Produk yang dihasilkan diantaranya sandwich selai belimbing, pizza ikan layang, mackerel stick, pia seaweed dan klappertaart siwalan.
 
“Produk itu dibuat oleh mahasiswa kami sendiri untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Entrepreneurship. Harapan kami setelah lulus mereka tidak hanya bisa bekerja di layanan kesehatan saja. Tapi juga bisa membuka lapangan kerja baru untuk dirinya dan orang lain, atau mereka mampu bekerja di perusahaan bidang kuliner,” imbuhnya. 
 
Lilia mengungkapkan, kegiatan seperti ini rutin digelar setiap tahun. Selain menjual produk-produk yang dihasilkan para mahasiswa, di stan juga ada cek kesehatan dan status gizi gratis serta cek gula darah berbayar.
 
“Dengan kegiatan seperti ini, mereka nantinya akan terbiasa membuat produk-produk yang tidak hanya mempertimbangkan rasa saja namun juga harus ada kesesuaian dengan kaidah ilmu gizi yang mereka dapatkan dari perkuliahan, sekaligus juga menjadi bekal mereka untuk siap bekerja dimanapun termasuk menjadi seorang wirausahawan,” tandasnya.
Mahasiswa Prodi Gizi IIKNU Tuban melakukan cek kesehatan kepada warga di CFD GOR setempat, Minggu (21/07/2024).

 
Sementara itu, Fidya Mukhofifin, mahasiswa IIKNU Tuban mengatakan, produk yang mereka buat dijamin memiliki zat gizi yang bermanfaat karena komposisinya telah dihitung sesuai dengan kebutuhan tubuh per sajian.
 
“Belimbing yang terdapat pada sandwich selai belimbing bisa mencegah terjadinya hipertensi.⁠ Pizza berbahan ikan layang bisa meningkatkan asupan protein untuk mencegah anemia. Sedangkan mackerel stick dapat meningkatkan asupan protein dan menjadi alternatif pencegahan stunting pada anak,” ungkapnya.
 
“Masih ada lagi pia seaweed atau rumput laut yang tinggi serat membantu menurunkan berat badan dan klappertaart siwalan yang berkhasiat mencegah depresi pada remaja,” imbuh Fidya.
 
Mahasiswa Prodi Gizi IIKNU Tuban memamerkan produk yang mereka hasilkan di CFD GOR setempat, Minggu (21/07/2024).

Setiap produk yang dibuat oleh mahasiswa Gizi IIKNU Tuban diwajibkan berbahan pangan lokal atau hasil laut Tuban, sehingga memiliki ciri khas tersendiri dan meningkatkan pemanfaatan pangan lokal.
 
“Ada bahan belimbing tasikmadu, kemudian siwalan, ikan layang, rumput laut. Itu semuanya asli Tuban, sehingga bisa dikatakan produk ini semuanya khas Tuban,” Jelas Widya Nuryana, mahasiswa semester 4 Prodi Gizi IIKNU Tuban. (dzi/rok)