Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 20 Juli 2024, 14:52 WIB
Last Updated 2024-07-20T09:53:19Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Parade 8 Negara Meriahkan Pembukaan Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2024


BOJONEGORO - Parade antar negara mengawali pembukaan Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (B-TIFF), di Jalan P. Mas Tumapel Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (20/07/2024). Kegiatan kerjasama antara Pemkab Bojonegoro dengan CIOFF Indonesia ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Adriyanto.

Kegiatan B-TIFF tahun 2024 ini akan berlangsung selama lima hari, yakni mulai Sabtu 20 Juli 2024 hingga Rabu 24 Juli 2024 mendatang.  Rute countries parade ini dimulai dari Jalan Mas Tumapel – Jalan Imam Bonjol – Jalan Akbp M Soeroko – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Trunojoyo – dan finish di Ex. Gedung DPRD  Pendopo Pemkab setempat.

Sedang untuk rute parade reog jaranan dimulai dari Jalan Mas Tumapel – Jalan Imam Bonjol – Jalan Akbp M Soeroko – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Mh Thamrin – Jalan Mastrip – dan finish di Jalan Imam Bonjol.

Bojonegoro Thengul International Folklore Festival digelar untuk mengajak masyarakat Bojonegoro, luar daerah, hingga luar negeri untuk menyaksikan event budaya. B-TIFF menghadirkan event pelestarian, pengenalan, dan pertukaran budaya bangsa.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Budiyanto menjelaskan, jumlah peserta delegasi 8 mancanegara tersebut sebanyak 176 orang. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Bulgaria, Filipina, India, Jepang, Korea, Polandia, dan Rusia.

“Parade ini juga dimeriahkan oleh 39 grup reog jaranan Bojonegoro, 1 grup penari thengul. Sehingga total peserta berjumlah 1.051 orang. Selain parade juga ada pameran UMKM di Alun-alun,” jelasnya kepada JTV.

Budiyanto menambahkan, parade ini sebagai langkah penyebarluasan informasi kepada masyarakat terkait adanya festival internasional serta untuk memperkenalkan budaya Bojonegoro dan potensinya kepada masyarakat internasional. (tim/rok)