Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 04 Juli 2024, 16:10 WIB
Last Updated 2024-07-04T09:10:36Z
BojonegoroPemiluPilkadaPolitik | PemerintahanViewerViral

Verfak Calon Independen Nurul-Nafik, 90% Dukungan Memenuhi Syarat


BOJONEGORO - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro selama 14 hari terakhir telah melakukan verifikasi faktual (verfak) untuk memastikan kebenaran dukungan warga kepada pasangan independen calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Nurul Azizah dan Nafik Sahal di Pilkada serentak 2024.

Hingga kini, petugas pemungutan suara atau pps di masing-masing desa masih melakukan proses peng upload an verifikasi faktual di aplikasi silonkada.

Komisioner KPU Bojonegoro Divisi Teknis Penyelenggaraaan, Ariel Sharon mengatakan, hingga kamis siang tercatat sudah 95 persen verifikasi faktual dukungan pasangan calon independen nurul azizah nafik sahal telah ter input di aplikasi silonkada.

“Sedangkan sekitar 3.000 lembar kerja verifikasi faktual belum terinput, dan masih dalam tahap proses upload di silonkada,” jelasnya kepada JTV.

Ariel menambahkan, meskipun belum keseluruhan 100% berkas belum terupload. Namun lembar kerja verifikasi faktual pasangan calon independen Nurul Azizah-Nafik Sahal, yang dinyatakan telah memenuhi syarat sudah 90 persen.

“Sementara berkas yang dinyatakan tidak memenuhi syarat di kisaran 10 persen,” imbuhnya.

Dari jumlah tersebut, maka bisa dinyatakan berkas memenuhi syarat telah melampaui ambang batas minimal syarat pendukung yakni 67.200 dukungan. Diketahui, berkas dukungan calon independen Nurul-Nafik yang dilakukan proses verifikasi faktual mencapai 84 ribu lebih.

Keseluruhan tersebar di 28 Kecamatan yang ada di Bojonegoro, dimana setiap kecamatan ada jumlah verifikasi faktual yang bervariatif. Rata-rata setiap kecamatan 1.000 hingga 2.000 berkas dukungan, hingga paling banyak per kecamatan mencapai 4.000 hingga 7.000 jumlah verifikasi dukungan.

Setelah verifikasi faktual seluruhnya telah terinput di aplikasi silonkada, nantinya KPU Bojonegoro akan melakukan rapat pleno. Sementara syarat dukungan yang sudah terlewati, maka nantinya pasangan calon independen Nurul Azizah Nafik salah, sudah bisa mendaftarkan diri di Pilkada Bojonegoro pada bulan Agustus 2024 mendatang. (edo/rok)