Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 16 Juli 2024, 16:04 WIB
Last Updated 2024-07-16T09:04:55Z
NganjukPojok PituViewerViral

Warga di Nganjuk Berburu Air Bersih di Sumur Tengah Sawah


NGANJUK - Puluhan warga dari berbagai Desa di Kabupaten Nganjuk, beramai-ramai mendatangi sebuah sumber air di tengah areal persawahan milik Warsimin, di Dusun Kedungrejo, Desa Ngrami, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Selasa (16/07/2024).

Dengan mengendarai motor dan sepeda angin, mereka dengan membawa sejumlah galon kemasan kosong. Warga kemudian secara bergantian mengambil air di sumber air tersebut.

Menurut Muhan, salah satu warga, Ia datang dari Desa Nglinggo, Kecamatan Gondang, Nganjuk, yang berjarak sekitar 7 kilometer dari titik sumber air. Meski jauh, Ia rela mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan masak dan minum.

“Cari air bersih dan gratis sulit mas. Makanya saya datang kesini meski jarak rumah kesini sekitar 7 kilometer,” ungkapnya kepada JTV.

Muham menambahkan, saat ini sumur di rumahnya kondisinya keruh dan harus diendapkan dulu sebelum dimasak. Sementara air sumber di persawahan setempat sangat jernih, rasanya tawar dan segar, sehingga bisa langsung diminum.

“Kalau disini kan bersih airnya, juga bisa diambil secara gratis,” imbuhnya.

Air sumber ini, awalnya adalah hasil pengeboran sekitar setahun lalu, yang rencananya digunakan untuk mengairi sawah. Namun, karena air yang dihasilkan jernih, maka sumber air tersebut juga diperuntukkan untuk warga yang membutuhkan secara gratis. (as/rok)