Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 24 Agustus 2024, 13:52 WIB
Last Updated 2024-08-24T11:53:18Z

Bakar Lahan Sembarangan, Kandang dan Gudang di Tuban Ludes Terbakar


TUBAN - Aksi pembersihan lahan kosong dengan cara dibakar di Kawasan Perumahan Bukit Karang, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Sabtu (24/08/2024) berakibat fatal. Cuaca panas disertai dengan tiupan angin kencang, membuat api dengan cepat membesar dan merambat ke bangunan kandang dan gudang. 


Pantauan JTV di lokasi, api yang terus membesar dan mengarah ke pemukiman padat penduduk, membuat warga setempat panik. Warga langsung menelepon damkar dan memadamkan api dengan peralatan seadanya agar api tidak meluas. 


Beruntung, petugas Satpol PP dan Damkar Tuban segera tiba di lokasi kejadian. Beberapa saat kemudian, api berhasil dipadamkan, sehingga tidak merambat ke bangunan rumah warga. Namun, bangunan gudang dan kandang yang ada di sebelah lahan kosong yang sengaja di bakar oleh pemiliknya tersebut, turut ludes terbakar. 


Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi mengatakan, kebakaran  ini terjadi akibat ulah pemilik lahan kosong yang membakar lahan secara sembarangan. Api kemudian merambat ke gudang dan kandang milik Jarwoto yang ada di sebelah lahan kosong. 


Lanjut Gunadi, akibat kejadian ini, gudang berisi velg dan ban mobil serta kandang berisi ayam ludes terbakar. 


“Kebakaran terjadi akibat kelalaian pemilik lahan kosong. Dia itu membersihkan lahan terus dibakar. Lha kemudian merambat ke kandang dan gudang. Jadi saya harap warga jangan sembarangan membakar di musim kemarau,” jelasnya di lokasi kejadian.


Atas kejadian ini, petugas mengimbau kepada warga agar berhati-hati dan tidak sembarangan membakar lahan. Apalagi, cuaca panas musim kemarau serta hembusan angin kencang, bisa membuat api dengan cepat membesar dan merambat ke tempat lain. (dzi/rok)