Iklan Beranda

Redaksi JTV
Selasa, 13 Agustus 2024, 23:35 WIB
Last Updated 2024-08-13T16:35:56Z
PilkadaPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

Daftar Bacawabup PKB, Dody Fakhruddin Siap Diduetkan dengan Bupati Lindra di Pilkada Tuban

Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Tuban, Dody Fakhruddin.
TUBAN – Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Tuban, Dody Fakhruddin siap berebut kursi Bacawabup dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban tahun 2024. Wakil Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Tuban tersebut mengaku siap apabila nanti diduetkan dengan cabup petahana maupun dari cabup yang lain. 

“Kita siap diduetkan dengan siapa pun, diduetkan sama Mas Lindra (Bupati petahana Aditya Halindra Faridzky) atau siapa pun kita siap,” ungkap Dody, sapaan akrabnya kepada awak media, Selasa (13/08/2024).

Keseriusan putra senior PKB Tuban, Haji Faisol tersebut dibuktikan dengan mendaftarkan diri melalui Desk Pilkada DPC PKB Tuban, pada 1 Agustus 2024 yang lalu.

“Saya pribadi kemarin tanggal 1 Agustus sudah mendaftar sebagai bacawabup di Desk Pilkada PKB dan sudah diterima oleh Ketua Desk Pilkada PKB,” jelas Dody.

Meski demikian, Dody mengatakan akan menunggu keputusan dari DPP PKB. Artinya, siapa pun yang nanti akan direkomendasi oleh DPP PKB dia tetap akan patuh.

Lebih lanjut, Dody memaparkan beberapa visi-misi yang akan ditawarkan kepada masyarakat apabila nantinya direkomendasi menjadi Cawabup Tuban. Di antaranya terkait dengan bidang pertanian, kemudian terkait pengentasan kemiskinan, sebab saat ini angka kemiskinan di Tuban masih cukup tinggi.

“Kalau visi-misi pertama itu bidang pertanian terutama pupuk dan pengairan dipermudah, yang kedua tentang pengentasan kemiskinan semoga kita tidak ketinggalan jauh dengan kabupaten yang lain di antaranya dengan cara mengurangi angka pengangguran,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Desk Pilkada DPC PKB Tuban Fahmi Fikroni saat dikonfirmasi membenarkan, Dody Fakhruddin telah mendaftar sebagai Cawabup Tuban pada Pilkada tahun 2024.

“Betul mas, sudah kita usulkan ke DPP,” ujar Fahmi Fikroni.

Fahmi Fikroni menyampaikan, untuk keputusan penuh siapa nanti yang akan direkomendasi, DPC PKB Tuban akan menyerahkannya ke DPP. “Kita serahkan sepenuhnya kepada DPP,” tutupnya.

Sebatas diketahui, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu PKB memperoleh sebanyak 11 kursi di DPRD Tuban. Artinya, DPC PKB Tuban dapat mengusung cabup-cawabup sendiri tanpa berkoalisi.

Sementara hingga saat ini, baru Bupati petahana Aditya Halindra Faridzky yang secara resmi mendapat rekomendasi dari partai politik (parpol) untuk maju berkompetisi. Rekom tersebut masing-masing dari Partai Golkar (20 kursi), PAN (1 kursi), Partai Demokrat (3 kursi) dan PPP (2 kursi). 

Bahkan, dalam sebagian dari rekom tersebut secara resmi tercatat nama Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Tuban, Joko Sarwono, sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup).

Sementara itu, pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban dijadwalkan pada 27 hingga 29 Agustus 2024 mendatang. Sedangkan untuk pencoblosan akan digelar pada 27 November 2024. (dzi/rok)