Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 31 Agustus 2024, 11:37 WIB
Last Updated 2024-09-02T04:39:14Z
TubanViewerViral

Kemeriahan Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79 di Kecamatan Kerek Tuban

 
TUBAN - Mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, perayaan karnaval umum dalam rangka perayaan hari besar nasional kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jumat (30/08/2024) siang, berlangsung meriah.

Acara ini secara simbolis diberangkatkan oleh Camat Kerek, Nanang Wahyudi. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi salah satu perguruan pencak silat dan keberangkatan rombongan karnaval pertama yang berasal dari Pemerintah Desa Tengger Wetan.

Kemudian dilanjutkan puluhan regu lain yang berasal dari Pemerintah Desa, Pemuda Karangtaruna, Panitia Pemilihan Kecamatan, serta ikatan guru taman kanak-kanak indonesia yang ada di Kecamatan Kerek.

Para peserta terlihat antusias mengikuti karnaval dengan start di lapangan Desa Sumberarum dan finish di lapangan Desa Jarorejo ini. Tak hanya mengenakan pakaian adat jawa, sejumlah peserta juga memakai pakaian adat daerah lain, seperti bali, papua, hingga adat Dayak.

Bahkan beberapa peserta nampak mengenakan pakaian ala petani serta pakaian penjajah dizaman belanda. Salah satu peserta karnaval juga melakukan teatrikal momen di masa penjajahan. Dimana para petani ditangkap dan diminta kerja paksa oleh para penjajah belanda.

Dalam karnaval ini, para peserta harus berjalan sejauh 2,25 kilometer dijalan poros kecamatan. Sementara kriteria dalam penilaian lomba karnaval meliputi penilaian penataan barisan, kreativitas berbasis pelestarian kearifan lokal, harmonisasi, dan daya tarik.

Karnaval ini menyedot perhatian warga kecamatan kerek dan sekitarnya. Ribuan warga tumpah ruah di tepi jalan, untuk melihat lebih dekat penampilan para peserta karnaval.

Sekretaris Kecamatan Kerek, Hermawan Winarto menyampaikan karnaval ini diikuti oleh 18 peserta. Menurutnya selama 3 tahun terahir ini antusiasme warga sangat tinggi. 

“Warga menyambut gembira perayaan hari besar nasional kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia ini. Kita bisa lihat sendiri antusias mereka mengikuti dan menonton acara ini sampai selesai,” jelasnya kepada JTV.

Sementara itu, Yudya Harining Arumbi, salah satu peserta karnaval dari IGTKI Kecamatan Kerek, menyampaikan antusiasme warga tahun ini lebih besar dari sebelumnya.

“Sangat meriah sekali karnavalnya, ini lebih meriah jika dibanding tahun lalu. Semoga tahun depan lebih meriah lagi,” harapnya.

Meski sebagian peserta hanya tampil sebagai regu penghormatan, namun mereka tetap antusias mengikuti karnaval ini hingga selesai. (*/dzi)