Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 03 Agustus 2024, 16:18 WIB
Last Updated 2024-08-03T09:18:36Z
LamonganViewerViral

KPU dan IJTI Pantura Gelar Sosialisasi Cegah Berita Hoaks di Pilkada Lamongan


LAMONGAN - Untuk mencegah beredarnya berita hoaks dan penyalahgunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Pilkada serentak tahun 2024, KPU Lamongan bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Pantura Raya menggelar sosialisasi dengan puluhan awak media Lamongan, Jumat (02/08/2024) sore.

Menjelang pilkada serentak, berita hoaks yang beredar di media sosial menjadi ancaman yang cukup serius. Selain itu, juga dapat mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. Peran penting media mainstream dalam hal ini adalah agar bisa meluruskan dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya berita hoaks.

Selain berita hoaks, penyalahgunaan teknologi kecerdasan buatan atau AI menjelang pilkada serentak pun tak luput dari perhatian. Untuk itu peran media mainstream akan sangat dibutuhkan dalam mengawal pesta demokrasi di pilkada serentak 2024.

Ketua IJTI Korda Pantura Raya, Khusni Mubarok, mengatakan, dengan adanya sosialisasi seperti ini, nantinya ada solusi dalam pencegahan berita hoaks dan penyalahgunaan teknologi AI di kalangan masyarakat.

“AI memungkinkan kita menganalisis data besar dengan cepat untuk mengidentifikasi informasi yang meragukan. Namun, AI juga bisa digunakan untuk membuat konten palsu yang sangat realistis, seperti deepfake, yang bisa menyesatkan pemilih,” ungkap Pimred JTV Bojonegoro tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Lamongan, Ahmad Thoriq Hidayatullah mengatakan, pihaknya akan terus bersinergi dengan awak media bagaimana menangkal informasi yang berpotensi memecah belah persatuan.

Pihaknya juga berharap media bisa membantu segala informasi tahapan pilkada serentak kepada masyarakat agar partisipasi pemilih di Lamongan bisa meningkat.

“Dengan upaya kolaboratif ini, KPU Lamongan berharap pilkada serentak 27 November mendatang dapat terlaksana dengan baik dan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS meningkat seperti saat pemilu 2024 yang lalu,” tegasnya. (tim)