Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 30 Agustus 2024, 12:08 WIB
Last Updated 2024-08-30T09:09:24Z
JombangPojok PituViewerViral

Pasca Daftar, Bakal Calon Bupati Jombang Bagikan Ribuan Sembako


JOMBANG - Antrean panjang tukang becak ini terjadi di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jum'at (30/08/2024) pagi. Banyaknya pengantri membuat antrian memanjang hingga ke desa tetangga.  

Pantauan JTV, mereka semua mengantri di sepanjang jalan menuju rumah Warsubi, Bakal Calon Bupati Jombang yang diusung oleh koalisi delapan partai politik. Bahkan, tukang becak yang berhasil menempati halaman parkir yang disediakan, ternyata telah berada di tempat sejak Kamis (29/08/2024) sore dan Kamis malam. Mereka rela menginap untuk bisa mendapatkan paket sembako lima kilogram dan uang 100 ribu.

Salah satunya Hamid, tukang becak warga Desa Jombang, Kecamatan Jombang. Pria ini mengaku rela mengantri sejak Kamis sore. Tujuannya supaya segera dapat bantuan yang dibagikan.

“Ini kan undangannya disebar secara bebas untuk warga Jombang, jadi saya berangkat kemarin. Karena kalau nggak begitu, takut nggak kebagian,” tutur Hamid.

Sementara itu, pihak keluarga Bakal Calon Bupati Jombang Warsubi menyebut, ada sekitar 3.000 paket bantuan yang disiapkan untuk tukang becak. Agar pembagian berlangsung dengan tertib, panitia mensyaratkan setiap tukang becak menyediakan copy ktp dan penerima wajib mencelupkan jarinya pada tinta yang disediakan. Selain itu setiap becak yang telah menerima, ditandai dengan cat agar tidak digunakan orang lain, termasuk stiker bertuliskan bolo warsubi.

Ahmad Fahrudin, keluarga Warsubi mengatakan, pembagian beras dan uang ini tidak terkait dengan pilkada, karena telah rutin dilakukan dan telah bertahun-tahun. Tujuannya keluarga Warsubi minta doa restu agar dimudahkan rezeki, dijauhkan dari fitnah dan marabahaya.

“Ini kan sudah rutin kami lakukan tiap tahun, jadi nggak ada kaitannya dengan Pilkada. Ini murni berbagi dan sedekah untuk warga, agar keluarga kami diberi kemudahan rejeki dan lainnya,” jelasnya kepada JTV.

Sekedar diketahui, Warsubi, mantan Kepala Desa Mojokrapak resmi mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Bupati bergandengan dengan KH Salmanuni Yazid Pengasuh Ponpes Babus Salam, Mojoagung, Jombang. Pasangan ini akan bertarung dengan petahana Mundjidah Wahab dan Sumrambah.

Warsubi - Salman diusung delapan partai yakni Gerindra, PKB, Golkar, PKS, PAN, Nasdem, PSI dan Gelora. Sedangkan Mundjidah - Surambah diusung empat  partai politik, yakni PPP, Demokrat dan PDIP serta Hanura. (ful/rok)