Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 17 Agustus 2024, 13:18 WIB
Last Updated 2024-08-17T09:18:31Z
HUT RINgawiPojok PituViewerViral

Pemancing Ngawi Gelar Upacara di Aliran Bengawan Madiun


NGAWI - Puluhan penghobi mancing menggelar upacara bendera peringatan HUT RI ke-79 di Aliran Bengawan Madiun yang ada di wilayah Desa Karangasri, Kecamatan, Kabupaten Ngawi, Sabtu (17/08/2024). Setelah upacara mereka juga menaburkan benih ikan di aliran sungai tersebut.

Pantauan JTV di lokasi, dalam upacara bendera dilakukan oleh sekitar 50 pemancing yang berasal dari Ngawi dan daerah sekitar. Salah satu pemancing, Dodik Setiawan mengaku, hal ini sebagai wujud rasa nasionalisme yang ditunjukkan oleh para pemancing.

Bahkan tidak hanya memancing, mereka juga ikut menjaga ekosistem sungai. Hal ini dilakukan dengan melarang jika mengetahui ada warga yang membuang sampah ke aliran sungai, termasuk jika mengetahui adanya warga yang menangkap ikan dengan racun.

“Sangat disayangkan jika Kabupaten Ngawi yang dilalui dua sungai besar yakni Bengawan Solo dan Bengawan Madiun ini rusak ekosistemnya akibat ulah warga yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan ini, salah satu tujuannya itu,” jelas Dodik Setiawan.

Diketahui, momentum HUT RI harus dijadikan semangat membangkitkan rasa nasionalisme bagi seluruh masyarakat. Dalam memperingatinya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti para pemancing di Ngawi ini dalam ikut menjaga kelestarian lingkungan. (ito/rok)