Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Minggu, 18 Agustus 2024, 10:39 WIB
Last Updated 2024-08-19T09:30:33Z
Kabar ApikViewerViral

Upacara HUT RI di Desa Banjar Berlangsung Khidmat dan Penuh Semangat Kebangsaan


KABAR APIK - Upacara pengibaran bendera  merah putih di Desa Banjar, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, berlangsung khidmat dan penuh dengan semangat kebangsaan, Sabtu (17/08/2024) pagi. Upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia ke-79 ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Banjar, Suyitno.

Pantauan JTV di lokasi, sejumlah tokoh masyarakat seperti kyai, ulama, ansor, peguruan silat, pelajar, dan warga setempat nampak antusias mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian adat dan baju batik ciri khas jawa.

Nampak pasukan pengibar bendera dengan penuh disiplin dan ketelitian mengibarkan bendera merah putih. Suasana khidmat semakin terasa saat lagu kebangsaan Indonesia Raya kembali dikumandangkan oleh petugas paduan suara yang mengenakan baju kebaya.

Prosesi upacara yang dimulai tepat pukul 7 pagi ini dipimpin langsung oleh Suyitno, Kepala Desa Banjar yang bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan bahwa dirinya sangat terharu dengan antusiasme warga. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menumbuh kembangkan nilai-nilai nasionalis warga.

“Rencana kita akan lakukan lebih besar dan meriah kedepannya. Selain upacara, besok tanggal 20 ini kita mengadakan karnaval,” jelasnya.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Desa setempat juga berencana menggelar kegiatan karnaval yang akan diikuti oleh setiap warga di desa setempat. (dzi)