Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 13 September 2024, 13:24 WIB
Last Updated 2024-09-13T08:12:45Z
PilkadaPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

Bawaslu Tuban Buka Lowongan 1.867 Pengawas TPS


TUBAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban, menggelar rapat koordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten setempat, Jumat (13/09/2024). Kegiatan ini dilakukan setelah Bawaslu Tuban menerima arahan dan petunjuk teknis dari Bawaslu RI terkait rekrutmen pengawas tempat pemungutan suara (PTPS).

Dalam kegiatan ini, Panwaslu Kecamatan diberikan bekal terkait petunjuk teknis pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran, hingga proses tahapan rekrutmen pengawas TPS.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Diklat, Bawaslu Kabupaten Tuban, Abdul Mundlir mengatakan, lowongan pendaftaran pengawas TPS dibuka mulai tanggal 12 September – 22 September 2024. Pada pemilihan serentak tahun 2024 ini, Bawaslu Tuban membutuhkan sebanyak 1.867 pengawas TPS.

“Rekrutmen pengawas TPS ini sesuai arahan dan petunjuk teknis dari Bawaslu RI. Jumlah yang kita butuhkan sesuai dengan jumlah TPS pemilihan serentak 2024 di Tuban,” jelasnya kepada JTV.

Lanjut Mundlir, syarat pendaftaran pengawas TPS cukup mudah, yakni WNI, berusia paling rendah saat mendaftar 21 tahun, dan ijazah minimal SMA sederajat, serta punya dan mampu dalam pengetahuan kepemiluan dan sistem proses demokrasi.

“Sedangkan untuk tugas pengawas TPS sendiri meliputi pengawasan seluruh tahapan di tingkat TPS. Mulai dari proses persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, serta memastikan hasil di tempat pemungutan suara,” jelasnya.

Mundlir menambahkan, pendaftaran bisa dilakukan melalui pengawas Desa/Kelurahan atau datang langsung ke Kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing, serta bisa melalui laman resmi Bawaslu Tuban.

Sekedar diketahui, pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. (dzi/rok)