Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 13 September 2024, 13:11 WIB
Last Updated 2024-09-13T06:11:55Z
BojonegoroKabar Apik

Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Netralitas ASN dan Kades Jelang Pilkada 2024

 

KABAR APIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat, menggelar sosialisasi netralitas ASN dan Kepala Desa, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jumat (13/09/2024) pagi.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Gakkumdu Bojonegoro, Kepala OPD, jajaran ASN serta Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, juga diikuti serentak secara oleh Perangkat Desa seluruh Bojonegoro melalui live streaming.

Dihadapan peserta, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menekankan pentingnya menjaga netralitas menjelang pilkada serentak tahun 2024 ataupun saat tahapan kampanye berlangsung.

“Kegiatan ini sangat penting. Tujuannya untuk menjaga ketentraman dan suasana kondusif di masyarakat mengingat Kabupaten Bojonegoro yang akan melaksanakan pesta demokrasi, pemilihan bupati dan wakil bupati,” jelasnya kepada JTV usai kegiatan.

Selain itu, Pj Bupati Bojonegoro menekankan pentingnya memahami dan mematuhi regulasi, terkait netralitas ASN ketika bersikap ataupun bertindak, dalam proses pilkada tahun 2024 mendatang.

“Saya juga mewanti-wanti, baik ASN, Kepala Desa, Perangkat dan Camat, agar tidak terlibat secara langsung dalam politik praktis. Baik itu menjadi tim pemenangan bapaslon, ataupun sangat aktif dalam mengikuti kampanye nantinya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, juga mengingatkan agar Kepala Desa untuk terus menjalankan tugas dan fungsinya, dengan profesional dalam melayani masyarakat. Terutama peran strategis untuk turut serta mengawasi dan menjalankan kegiatan yang sudah dianggarkan, maupun pembangunan yang saat ini sudah berjalan.

“Agar masyarakat dapat merasakan dampak positif, akan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan maupun pembangunan,” tegasnya.

Jika nantinya terdapat ASN maupun Kepala Desa serta Camat yang tidak bersikap netral dan terlibat politik praktis. Maka tak segan bakal dikenai sanksi, baik sanksi administratif maupun sanksi lainnya sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku.




Sementara itu, kegiatan sosialisasi netralitas asn dan kepala desa, ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Pj Bupati, Gakkumdu, seluruh ASN, Kepala Desa, beserta Camat, sebagai upaya membangun kesepahaman bersama, terkait netralitas ASN dan Kepala Desa pada pilkada serentak tahun 2024.

“Kegiatan sosialisasi-sosialisasi netralitas asn dan kepala desa, merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten bojonegoro, untuk menciptakan suasana kondusif, tertib dan pelaksanaan pilkada berjalan dengan demokratis,” pungkas Pj Bupati Bojonegoro. (edo/rok)