Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 21 September 2024, 14:34 WIB
Last Updated 2024-09-21T15:45:56Z
Edukasi | BudayaJombangPojok PituViewerViral

Ribuan Warga di Jombang Berdesakan Berebut Gunungan Tahu


JOMBANG - Warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, berdesakan dan berebut tahu, Jum’at (20/09/2024) sore. Mereka rela berdesakan pada acara grebeg tahu memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan desa setempat.

Pantauan JTV di lokasi, grebeg tahu yang rutin digelar setahun sekali ini, dalam hitungan menit langsung ludes diserbu warga. Sebagian warga sudah mempersiapkan kantong plastik agar mendapatkan lebih banyak. Bahkan, sebelum doa selesai dipanjatkan, 25 tumpeng tahu sudah diserbu oleh warga.  

Sulami salah satu warga mengaku rela berebut demi mendapatkan keberkahan di bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, menurutnya acara yang rutin digelar setiap tahun ini sangat seru dan menarik ribuan warga.

“Seru sekali mas. Ini acara tahunan dan warga sangat antusias. Desakan dan rebutan sudah biasa, karena semua berharap keberkahan,” jelas Sulami.

Sementara itu, 25 tumpeng tahu tersebut sebelumnya diarak mulai dari balai desa menuju lapangan desa setempat yang berjarak sekitar satu kilometer. Dalam arak-arakan tumpeng tahu tersebut juga dihibur dengan atraksi barongsai dan berbagai penampilan parade sound system.

Kepala Desa Sumbermulyo, Fuad mengatakan, pihaknya sengaja membuat tumpeng tahu karena sumbermulyo selama ini memang menjadi kawasan sentra industri tahu.

“Kegiatan ini juga sebagai wujud rasa syukur para pengusaha tahu setempat, atas rezeki dan kelancaran dalam menjalankan usaha mereka,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini, kepala desa berharap grebeg tahu di Sumbermulyo bisa menjadi ikon wisata desa, sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan untuk menopang kesejahteraan warga. (ful/rok)