Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 06 September 2024, 13:28 WIB
Last Updated 2024-09-06T09:29:48Z
PemiluPilkadaPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU dan IJTI Sosialisasikan Pilkada 2024 di Kampung Nelayan Tuban


TUBAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Pantura Raya menggelar sosialisasi pilkada serentak tahun 2024 di perkampungan nelayan Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, Jumat (6/9/2024).

Sosialisasi dilakukan dengan dua model. Pertama, mengumpulkan tokoh masyarakat nelayan di balai pelayaran panggung kelurahan setempat. Kemudian dilanjut sosialisasi door to door dengan mendatangi rumah-rumah warga.
 
Dalam kesempatan ini, KPU Tuban dan IJTI membagikan souvenir sambil mensosialisasikan pilkada serentak tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.
 
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut KPU Tuban dan IJTI mengajak nelayan ikut berpartisipasi mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban (Pilbup Tuban) tahun 2024.

“Berbagai macam model sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah partisipasi pemilih untuk datang ke TPS,” jelas Gunawan Wihandono, Komisioner KPU Tuban.

Dalam sosialisasi ini, juga dihadirkan narasumber dari IJTI yang membahas tentang bahaya hoax dalam pemilihan serentak serta solusinya. Serta narasumber dari mantan Ketua KPU Tuban periode 2019-2024 Fathul Iksan, yang menjelaskan pentingnya mengenal calon-calon peserta pemilihan serentak 2024.
 
Sementara itu, Ketua IJTI Korda Pantura Raya, Khusni Mubarok mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu fungsi dari pers. Selain melakukan kontrol dan informasi, pers juga punya peranan penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Edukasi tersebut tidak hanya melalui produk jurnalistik, namun juga bisa dengan cara hadir langsung di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Sosialisasi ini diharapkan juga mampu meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat untuk hadir dan ikut mensukseskan pemilihan serentak tahun 2024. (dzi/rok)