Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 05 Oktober 2024, 09:01 WIB
Last Updated 2024-10-05T12:13:36Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Bawaslu Bojonegoro Gelar Deklarasi Pilkada Damai


BOJONEGORO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan deklarasi pemilihan kepala daerah (pilkada) damai di Stadion Letjen H Soedirman, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (04/10/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kesbangpol, Forkopimda, anggota Bawaslu Jawa Timur, Ketua dan anggota Bawaslu Bojonegoro, Ketua KPU Bojonegoro, Partai-partai pengusung paslon, serta Panwascam se-Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, kegiatan bertema ‘Menang Bermartabat, Kalah Terhormat’ tersebut juga dihadiri kedua paslon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro nomor urut satu Teguh-Farida dan nomor urut dua Wahono-Nurul.

Pantauan JTV di lokasi, kegiatan diawali dengan senam awas yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir, dilanjutkan sambutan-sambutan dan pembacaan deklarasi damai oleh kedua paslon.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada semua paslon beserta seluruh tim kampanyenya, agar selalu menciptakan situasi damai dan bisa menerima hasil pilkada dengan lapang dada.

Handoko menambahkan, memasuki masa kampanye saat ini pihaknya berharap agar orang-orang yang dikecualikan seperti asn, tni, polri dan penyelenggara pemerintahan desa (kepala desa dan perades) tetap menjaga netralitasnya.

“Sesuai tema, kita menginginkan bahwa siapapun pemenangnya itu bermartabat dan yang kalah juga terhormat. Seluruhnya diharapkan untuk menjaga netralitas dan tidak ikut berpolitik praktis karena konsekuensinya adalah pidana,” tegasnya.

Diketahui, Pilkada Bojonegoro 2024 diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut 1 Teguh Haryono-Farida Hidayati dan nomor urut 2 Setyo Wahono-Nurul Azizah. (lim/rok)