DPRD

DPRD
Sketsa Bengawan
Selasa, 22 Oktober 2024, 13:53 WIB
Last Updated 2024-10-22T08:54:13Z
JombangPojok PituViewerViral

Viral, Maling Kotak Amal Masjid di Jombang Terekam CCTV


JOMBANG - CCTV merekam aksi pencurian uang dalam kotak amal di Masjid Sabillul Muttaqiin Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. Pelaku beraksi pada Jumat 18 Oktober 2024 lalu sekira pukul 00.50 WIB.

Dalam rekaman terlihat pencuri mengambil uang dengan cara mengangkat kotak amal ke arah barat kemudian merusak kunci gembok. Pelaku juga membawa kabur uang sekitar 500 ribu dari dalamnya.

Peristiwa pencurian di masjid tersebut, sudah berulang kali terjadi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pihak takmir mencatat kasus serupa sudah berlangsung hingga empat kali pencurian. Dengan total uang hilang sekitar tujuh juta rupiah lebih.
 
“Kotak amal diketahui hilang saat subuh. Jamaah melihat kotak amal yang berada di depan masjid tidak ada di tempat. Selanjutnya kami cek CCTV untuk mengetahui siapa yang mengambilnya,” jelas Sujono, Marbot Masjid setempat kepada JTV, Selasa (22/10/2024).

Dari hasil rekaman CCTV terlihat ada 1 orang yang datang di depan masjid dengan mengenakan jaket hitam, celana hitam dan sandal berwarna putih. Pelaku membuka pagar dan masuk ke area masjid.

“Pelaku kemungkinan dua orang. Mereka membuang kotak amal tidak jauh dari masjid dan mengambil uang kemudian kabur,” imbuh Sujono menegaskan.

Atas kejadian tersebut, pihak pengurus masjid tidak melaporkan tindak pidana pencurian tersebut ke kantor polisi. Namun usai kejadian anggota kepolisian setempat tetap mendatangi lokasi pencurian kotak amal. Rekaman CCTV ini telah beredar luas ke media sosial. (ful/rok)